Dahlia

Selasa, 04 Oktober 2011

PENGENALAN KOMPUTER

PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer (computer) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri


Jadi Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan, yang pada mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika.
Beberapa Definisi Komputer menurut para ahli :
Ø  Robert H. Blissmer dlm buku Computer Annual, Komputer adalah suatu alat elektronik  yg mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan,  
Ø  Donald H. Sanders dlm buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program)
Ø  VC. Hamacher dkk, dlm buku Computer Organization, Komputer adalah mesin penghitung eletronik yg cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi
Ø  William M. Fuori dlm buku Introduction to The Computer, The Tool of Business, Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yg dapat melakukan perhitungan yg besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yg mengoperasikan selama pemrosesan.
Ø  Gordon B. Davis dlm buku Introduction to The Computer, Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yg mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Rounded Rectangle: PERANGKAP KERAS KOMPUTER (Hardware)




K
omputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat. Sedangkan perangkat lunak adalah perangkat yang berupa program-program untuk menjalankan komputer. Secara skematik perangkat keras adalah sebagai berikut :


1.      Central Processing Unit (CPU)

 

CPU merupakan pusat pengolah data atau sering disebut sbagai otaknya komputer.CPU sering juga disebut sebagai microprocessor atau processor.
                                                                                            
Berdasarkan fungsi operasionalnya CPU dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :
a.  Arithmatical Logical Unit (ALU) berfungsi sebagai pusat pengolah data, seperti perhitungan matematika.
b.      Control unit (CU), berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer.
    ~  Kecepatan kinerja komputer diukur dengan satuan hertz. Saat ini kecepatan komputer mencapai 3,6 gigahertz (GHZ) atau setara dengan 3.600.000.000 hertz.
     ~   Teknologi prosesor adalah teknologi core duo, dengan teknologi ini kecepatan prosesor meningkat dua kali lebih cepat. Saat ini Intel telah mengeluarkan CPU dengan teknologi core duo dengen kecepatan 2,66 GHZ.

2.      Memori
~          Memori berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum maupun sesudah diproses oleh prosesor. Memori ada 2 jenis yaitu memori internal yang disebut RAM (random acces memory) dan memori eksternal disebut ROM (read only memory).
~   RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara pada saat program dijalankan. Kemampuan RAM menyimpan data dinyatakan dalam satuan byte.
~     Ukuran RAM dipasaran perkepingnya antara lain 4MB, 8 MB, 16 MB, 32MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB.
~   ROM berfungsi menyimpan data secara permanent. ROM berisi perintah-perintah untuk memeriksa setiap hardware pada saat computer pertama kali dihidupkan.                                         
 
3.      Media Penyimpanan
Agar computer dapat dijalankan dengan baik maka perlu media untuk menyimpan program-program maupun data-data. Media penyimpan data dalam computer antara lain :
a.      Hardisk
~          merupakan media penyimpan data yang terdapat didalam computer.
~          Ukuran fisik hardisk PC (personal Computer ) umumnya 3,5 inch. Untuk laptop ukurannya lebih kecil dan tipis.
~          Kemampuan menyimpan data dinyatakan dalam ukuran byte. Kemampuan hardisk antara lain 40 MB, 80 MB, 120 MB, 260 MB, 320 MB, 640 MB, 850 MB, 1 GB, 1,2 GB, 1,6 GB, 2,1 GB, 2,5 GB, 3,2 GB, 4,3 GB, 6,4 GB, 8 GB, 10 GB, 15 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 80 GB, 120 GB, 200 GB, 400 GB.
1 byte                  = 1 karakter angka / hurup
1 KB (kilobyte)     = 1024 byte
1 MB (megabyte) = 1024 KB
1 GB (gigabyte )   = 1024 MB
1 TB (terabyte )    = 1024 GB
~          Merek hardisk dipasaran misalnya; Samsung, Seagate, WDC, quantum, Toshiba, IBM, dan lain-lain.
b.     Disket 
    ~   Disket merupakan alat penyimpan data  dengan kemampuan meyimban data 
         sebesar ; 320 KB, 720 KB, dan 1,44 MB.
~ Tempat untuk memasukkan disket didalam computer disebut ploppy disk.
~   Kelebihan disket adalah dapat digunakan untuk memindahkan data ke computer lain yang tidak dihubungkan oleh jaringan, harganya murah dan mudah dibawa (portable).
~          Kelemahan disket adalah kemampuan menyimpan data sedikit, mudah rusak.

c.       Flash drive
~     Adalah media penyimpanan dimana data disimpan langsung pada chip memori.
~          Untuk berkomunikasi dengan computer Flash drive menggunakan USB (universal serial bus).
~    Sampai saat ini kemampuan flashdisk menyimpan data antara lain:  128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB dan 4 GB.
~   Kelebihan flash disk adalah tidak  mudah rusak (karena tidak ada peralatan mekanik), tahan magnetic dan goncangan.
~     Kekurangan flasdisk ; harganya masih mahal, karena ukurannya kecil mudah hilang.
~   Merek flash disk dipasaran antara lain; easy disk, Toshiba, Kingston, dan lain-lain.

d.     Compact disk
 
~   CDROM (compact disk read only memory) mempunyai kemampuan menyimpan data hingga 700 MB (megabyte). CDROM hanya mampu membaca data dan tidak dapat menulis data pada keeping CD.
~    CDRW (compact disc rewritable) mempunya kemampuan membaca dan menulis data pada kepingan CD.
~       DVD (digital Versatile disc) mempunyai kemampuan hingga 4 GB (gigabyte) per kepingan DVD.
~          Data yang ditulis dengan format DVD tidak dapat dibaca oleh CDROM.
~     DVDROM hanya dapat membaca data saja, sedangkan DVDRW dapat membaca dan menulis data pada kepingan DVD.



e.      Mainboard
~          Mainboard atau motherboard berfungsi sebagai tempat koneksi peralatan lain misalnya; VGA card, sound card, memori, LAN card, prosesor, modem, dan lain-lain.
~          Didalam mainboard biasanya terdapat slot-slot yang berguna untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.
~          Merek mainboard dipasaran jumlahnya banyak sekali misalnya; ASUS, ASROK, ECS, intel, dan lain-lain.
~          Motherboard modelnya sangat banyak, salah satu contohnya berikut  ini :

~          VGA card adalah kartu elektronik yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi gambar. Contoh merk VGA card dipasaran antara lain; NVidia, S3, ATI, Triden, intel, dan lain-lain.
~          Contoh gambar VGA card sebagai berikut :
Sound card adalah kartu elektronik yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Merk souncard yang ada dipasaran antara lain ; creative, ESS, ABIT, intel, dan lain-lain.


f.       Perangkat Input
1.      Keyboard
~    adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai masukan bagi computer. Tata letak tombol-tombol telah didesain sedemikian rupa sehingga pemakai dapat mengetik dengan nyaman tanpa harus melihat tombol-tombol.
keyboard_plan2
2.      Mouse
~    mouse adalah peralatan computer yang digunakan untuk menggerakkan pointer untuk mempercepat kita bekerja dengan computer.
~    Dalam mouse umumnya terdapat tiga tombol. Satu tombol digunakan untuk menggulung layer (scroll). Sedangkan dua tombol yang satu disebut tombol kiri dan kanan.
~    Mouse juga berfungsi untuk mendrag, artinya menangkap dan menggeser obyek. Caranya geserlah pointer kearah obyek kemudian klik kiri dan tahan, sambil gerakkan kea rah tertentu dan lepaskan tombol.

3.      Touchpad, Pointing Stick, dan Track ball
~    Adalah peralatan computer yang berfungsi sama dengan mouse.

4.      Joystick
~    Adalah peralatan computer yang berfungsi untuk menjalankan game.
~    Fungsi joystick dapat digantikan oleh mouse maupun keyboard.
  
Macam-Macam Perangkat Lunak
Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja Hardware . Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada Hardware yang bermacam-macam.

Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware. Dukungan pada hardware dapat digambarkan dalam diagram dibawah ini:

Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur

Dari gambar terlihat dibawah hardware langsung terdapat software sistem operasi. Software sistem Operasi ini yang melakukan hubungan dengan hardware secara langsung. Hardware yang beroperasi tanpa sistem operasi akan mempunya operasi yang terbatas dan tidak dapat di gunakan untuk menjalasnkan software aplikasi.

Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
  1.    Sistem Operasi
  2.    Program Aplikasi
  3.    Bahasa Pemrograman
  4.    Program Bantu
  5.    Program Paket
  6.    Program Permainan
  7.    Program Multimedia

1. SISTEM OPERASISistem operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi .
Contoh Sistem Operasi :
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi -
 TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
  • Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista, WIndows NT (untuk jaringan).
  • Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
  • Produk Apple : Macintosh
  • Produk IBM : DOS, UNIX

2. Program Aplikasi

Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi -
 TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.









3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi -
 TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
  •    Low Languange Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
  •     Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
  •    High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal, Borland , Fotran
  •     4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, Visual FOxPro

4. Program Bantu ( Utility )
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi -
 TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.

5. Program Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll.
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak 
dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

6. Program Permainan
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak 
dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories WIndows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

7. Program Multimedia

Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
contoh Program multimedia yaitu :
Operasi Dasar
 Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 
Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam 
Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet

0 komentar:

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes